Visi Misi

VISI:

Menjadi program studi Ilmu Tanah yang unggul di bidang pengetahuan dan teknologi pengelolaan sumberdaya lahan berbasis kepulauan secara berkelanjutan pada tingkat Nasional tahun 2030

Makna rumusan visi program studi dapat diperjelas dengan menguraikan arti kata-kata kunci yakni unggul, kepulauan, berkelanjutan dan berwawasan lingkungan.

Unggul artinya:

  • Mampu mengimplementasikan konsep teoritis di bidang pengelolaan sumberdaya lahan yang berwawasan lingkungan pada wilayah kepulauan.
  • Mampu memanfaatkan IPTEKS yang berwawasan lingkungan dalam pengelolaan sumberdaya lahan untuk pengembangan wilayah kepulauan.
  • Memiliki daya saing yang tinggi dalam bidang pengelolaan sumberdaya lahan berbasis kepulauan.
  • Mampu beradaptasi dan memitigasi perubahan yang terjadi dalam pembangunan wilayah kepulauan.
  • Mampu menghasilkan lulusan yang menguasai IPTEKS yang relevan dengan kebutuhan pasar kerja; serta yang cerdas dalam mengambil keputusan strategis dan dalam memberikan solusi bagi penyelesaian masalah-masalah di bidang pengelolaan sumberdaya tanah dan lahan.
  • Memiliki kemampuan berwirausaha yang tinggi dalam mengelola sumberdaya lahan yang berdampak positif terhadap pengembangan produk pertanian; perluasan lapangan kerja; dan peningkatan ekonomi masyarakat

Kepulauan artinya:

  • Gugusan pulau-pulau yang membentuk satu kesatuan wilayah yang terdiri atas daratan dan peraian, dimana setiap pulau memiliki karakteristik spesifik baik pada struktur biodiversitas (keanekaragaman hayati), jenis tanah, topografi, maupun pada pemanfaatan lahan.

Berkelanjutan artinya:

serangkaian strategi pengelolaan sumberdaya lahan dengan mengintegrasikan berbagai metode/teknik yang ramah lingkungan dan meminimalkan dampak buruk terhadap lingkungan untuk memaksimalkan produksi bagi pemenuhan kebutuhan manusia dalam jangka panjang.

MISI:

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang berbasis teknologi informasi dan diprogramkan secara berkelanjutan sesuai dengan kebutuhan stakeholders.
  2. Mengembangkan penelitian yang berorientasi pada keunggulan bidang pengelolaan sumberdaya lahan yang berbasis kepulauan dengan pola kemitraan.
  3. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat melalui implementasi hasil-hasil penelitian kepada masyarakat dalam rangka mengoptimalkan pendayagunaan dan pengelolaan sumberdaya lahan secara berkelanjutan melalui pola kemitraan.
  4. Memperluas jejaring kerjasama dengan berbagai pihak baik di tingkat lokal, regional, nasional maupun internasional untuk menunjang terlaksananya kegiatan Tridharma PT.